Profil Program Studi Magister  Pendidikan Bahasa Indonesia

0
482

VISI DAN MISI PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

  • Visi

Terwujudnya Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai pusat pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam melaksanakan penelitian, perencanaan, dan pembelajaran bahasa (Sastra) sehingga mampu menjadikan bahasa (sastra) sebagai wahana untuk bekerja sama dan perekat dalam membangun kehidupan yang diliputi semangat solidaritas dan kesetaraan dalam masyarakat yang multibahasa.

  • Misi

Dengan maksud pencapaian visi sebagaimana dinyatakan di atas, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia mengemban misi sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan yang efektif dan efisien dalam suasana akademik, edukatif, dan inovatif.
  2. Mengembangkan pemikiran-pemikiran baru dan orisinil dalam pembelajaran bahasa dan sastra melalui berbagai forum ilmiah.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi yang mencakup membaca, menulis ilmiah, dan mengkomunikasikan hasil pemikiran akademik.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA

INDONESIA

  1. Deskripsi Profil

            Secara umum lulusan program studi pendidian bahasa Indonesia pada setiap jenjang memiliki kemampuan seperti dirumuskan dalam dskripsi program studi pendidikan bahasa Indonesia seperti pada tabel berikut ini.

No. Deskripsi Profil
1 Memiliki pengetahuan kependidikan
2 Memiliki pengetahuan kebahasaan
3 Memiliki pengetahuan kesastraan
4 Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
5 Memiliki keterampilan bersastra Indonesia
6 Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran
7 Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik
8 Memiliki kemampuan meneliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia
9 Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia
10 Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia
  1. Profil dan Kemampuan Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa

Indonesia

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia direncanakan menghasilkan dua profil lulusan yaitu sebagai pendidik madya pendidikan bahasa Indonesia dan sebagai peneliti madya pendidikan bahasa Indonesia. Pendidik madya adalah guru bahasa dan sastra Indonesia pada sekolah menengah, widyaiswara bahasa dan sastra Indonesia pada lembaga negara atau swasta, serta dosen bahasa dan sastra Indonesia pada program S0, Diploma, dan S1. Peneliti madya adalah tenaga peneliti pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Rincian kemampuan mereka terlihat pada tabel berikut ini.

Profil Lulusan Kemampuan
1. Pendidik madya 1.      Memilik kemampuan dasar untuk merencanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang dituangkan di dalam lembar program smester, bulan, dan harian.

2.      Dapat melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan prinsip didaktik metodik.

3.      Merencanakan dan melaksanakan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

4.      Mengadministrasikan kegiatan pembelajaran sehinga dapat memberikan gambaran pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diacu.

2. Peneliti madya 1.      Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian tindakan kelas sesuai dengan fokus yang ditentukan.

2.      Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian pada bidang bahasa dan sastra Indonesia di bawah kendali peneliti utama.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Rumusan Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Mataram  Sesuai Dengan Level 8 KKNI ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (APROBSI).

  • DESKRIPSI GENERIK KKNI Level 8 (S2)
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang ilmu keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisiplin
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional

SIKAP DAN TATA NILAI PROGRAM MAGISTER

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasioanalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
  6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri; dan
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

PENGUASAAN PENGETAHUAN PROGRAM MAGISTER

  1. Menguasai filsafat ilmu serta konsep-konsep teoritis kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, dan metodologi penelitian bahasa dan sastra;
  2. Menguasai konsep teoritis keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia;
  3. Menguasai konsep pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra serta pembelajarannya; dan
  4. Menguasai konsep pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia, dan pembelajarannya.

KETERAMPILAN KHUSUS PROGRAM MAGISTER

  1. Terampil berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan dala konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah;
  2. Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengreasi sastra Indonesia secara lisan dan tulis, serta mendesiminasikannya;
  3. Mampu mendalami bahasa dan sastra Indonesia serta mempelajarinya melalui riset sebagai wujud kemampuan beradaptasi dengan lingkungan untuk menghasikan karya inovatif dan teruji;
  4. Mampu memecahkan permasalahan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian;
  5. Mampu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional;
  6. Mampu mengambil keputusan berdasarkan kajian penelitian di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta mengomunikasikan ide secara efektif dalam berbagai media kepada masyarakat seprofesi atau lingkungan yang sesuai atau masyarakat umum; dan
  7. Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan profesi.

KETERAMPILAN UMUM PROGRAM MAGISTER

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah tingkat nasional atau internasional atau berbentuk presentas ilmiah tingkat nasional dan internasional;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik serta bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya yang menjadi objek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah bidang bahasa, dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya yang memperhatikan dan mererapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunikasi penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasi, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

SEBARAN MATA KULIAH PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

Sebaran Mata kuliah Persemester

NO KODE MATAKULIAH SKS SEMESTER STATUS MATAKULIAH
1 WP001 TEORI DAN PEMBELAJARAN (BAHASA DAN SASTRA INDONESIA) 4 1 WAJIB
2 WP002 METODE PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 3 1 WAJIB
3 WP003 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 3 1 WAJIB
4 WP004 MENULIS AKADEMIK 2 1 WAJIB
5 WP005 FILSAFAT ILMU 2 1 WAJIB
6 WP006 BAHASA INGGRIS 2 1 WAJIB
7 WP007 EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 4 2 WAJIB
8 WP008 STATISTIK 2 2 WAJIB
9 WP009 LANDASAN & PROBLEMATIKA KEPENDIDIKAN 2 2 WAJIB
10 WP010 SOSIOLINGUISTIK 2 2 WAJIB
11 WP011 ANALISIS WACANA 2 2 WAJIB
12 WP012 BAHASA DAN KEBUDAYAAN 4 3 WAJIB
13 WP013 PSIKOLINGUISTIK 2 3 WAJIB
14 WP014 SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN 2 3 WAJIB
15 WP015 TESIS (RINCIAN: PROPOSAL (2), SEMINAR HASIL (2), DAN UJIAN KOMPRE (4)) 8 4 WAJIB
Total SKS 44    

 

STAF PENGAJAR PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

Nama-Nama Staf Pengajar Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia :

No Nama
1 Prof. Drs. Nurachman Hanapi. MA., Ph.D
2 Prof. Dr. H. Mahsun, MS
3 Prof. Drs. H. Mahyuni, MA., Ph.D.
4 Dr. H. Rusdiawan, M.Pd
5 Dr. H. Muhammad Sukri, M.Hum.
6 Drs. H. Syahdan, M.Ed. Ph.D
7 Drs. Priyono, MA. Ph.D
8 Drs. Kamaluddin Yusra, MA., Ph.D.
9 Drs. H. M. Husni Mu’adz, MA. Ph.D
10 Dr. H. Sudirman Wilian, MA.
11 Dr. H.A.Hari Witono, M.Pd
12 Dr. Ida Bagus Kade Gunayasa, M.Hum
13 Dr. H. Sudirman, M.Pd
14 Ir. I Gde Ekaputra Gunartha, M.Agr.,Ph.D
15 Dr. Hirsanuddin, MH
16 Dr. Fauzan, M.Pd
17 Dr. Halus Mandala, M.Hum
18 Dr. Arifuddin, M..Pd
19 Dr.Nuriadi, S.S., M.Hum
20 Dr. Sukardi, M.Pd
21 Dr. Muhammad Amin, M.Tesol
22 Dr. I Wayan Karta, M.Pd
23 Dr. Amrullah, M.Pd
24 Dr. H. Nawawi, M.A

 

Sekretariat:

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Gedung B Lantai 1 FKIP UNRAM,
Jalan Majapahit No. 62 Mataram 83125

SHARE
Previous article
Next article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here